Sabtu, 28 Mei 2022

Anggota kelompok :

Muhammad Aqil Alhafizh - 20312088 (Ketua)

Muhammad Rizki Yoga P - 20312050

Aldo Febrian - 20312054

Aji Pamungkas - 20312053

Bagus Sifak Udin R - 20311076



Tugas bisa di lihat serta di download di bawah ini :

GOOGLE DRIVE

 



1.     Introduction

1.1     Purpose

Tujuan dari dokumen Software Requirements Specification (SRS) ini adalah untuk menyediakan deskripsi rinci dari Program Aplikasi Kasir Toko Bangunan Makmur. Dokumen SRS ini akan membahas tentang fitur-fitur dari Program Aplikasi Kasir Toko Bangunan Makmur, termasuk antarmuka dari software ini. Dokumen ini juga akan membahas perangkat lunak dan berbagai macam kebutuhan teknis lainnya.

1.2     Document Conventions

Dokumen SRS ini memiliki fitur istilah-istilah yang mungkin jarang ditemukan oleh pembaca. Pembaca dapat melihatnya di Appendix A (Glossary) untuk daftar dari istilah-istilah dan

defenisinya masing-masing.

1.3     Intended Audience and Reading Suggestions

Dokumen ini ditujukan untuk semua individu yang berpartisipasi dalam  Program Aplikasi Kasir Toko Bangunan Makmur. Gambaran singkat dari produk ini dapat dibaca di bagian Introduction dan juga Bagian 2 yaitu Overall Description.

 

Bagian 3 (System Features), menjelaskan  mengenai informasi yang tercantum dalam gambaran umum projek. Bagian 4 (External Interface Requirements) menjelaskan detail teknis yang lebih dalam, termasuk informasi mengenai antarmuka termasuk hardware dan platform

software tempat aplikasi akan berjalan.

 

Bagian 5 (Other Nonfunctional Requirement) menjelaskan mengenai performa, keamanan dan

berbagai macam atribut lainnya yang penting untuk user. Dan bagian 6 (Other Requirements) memuat informasi tambahan lainnya yang tidak muat secara logis pada bagian lain dari SRS.

1.4     Product Scope

Software kasir toko bangunan makmur ini dapat melakukan perhitungan terhadap transaksi yang terjadi, dapat menghitung ketersediaan stok termasuk manajemen. Sistem ini didesain untuk memaksimalkan perhitungan pemasukan yang diperoleh dari transaksi yang terjadi dengan menyediakan alat untuk membantu untuk melakukan proses perhitungan secara otomatis.

 

Memaksimalkan perhitungan transaksi  sangat membantu pemilik toko.serta sistem ini mudah untuk dimengerti dan digunakan. Sistem ini didesain agar memudahkan user untuk melacak setiap transaksi yang terjadi sehingga kerugian dapat dikurangi. Selain itu sistem ini juga menyediakan perhitungan terhadap stok barang, sehingga menyediakan antisipasi dini terhadap stok yang hampir habis.

1.5     References

Bahan referensi yang digunakan dalam penyelesaian dokumen ini diambil dari beberapa buku

seperti :

  1. Software Engineering: A Practitioner's Approach, 7th International edition, Roger Pressman,2009.
  2. IEEE. IEEE Std 830-1998 IEEE Recommended Practice for Software Requirements Specifications. IEEE Computer Society, 1998.

2.     Overall Description

2.1     Product Perspective

Dokumen ini berisi deskripsi spesifikasi persyaratan perangkat lunak dari system yang akan dibuat nantinya.Sistem Informasi kasir ini merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mempermudah proses penghitungan pembayaran biaya yang harus pelanggan bayar. Dengan adanya system ini diharapkan akan membantu dan memberikan kemudahan dalam pengolahan data dan perhitungan pembayaran pelanggan. Namun tidak hanya itu, perangkat lunak ini juga memiliki fungsi untuk mengatur harga-harga menu yang tersedia(adaptable) dikarenakan harga material yang dapat berubah-ubah sehingga tidak akan menyusahkan pengguna jika kenaikan harga tersebut berubah-ubah. Rancangan perangkat lunak ini juga dapat mengamati stok ketersediaan barang yang ada. Sehingga pengguna tidak akan kewalahan ketika stok barang mulai menipis dikarenakan telah disiapkan jauh-jauh hari.

Bila melihat dari sisi aktor yang terlibat, hanya terdapat dua actor aktif yaitu user/pengguna dimana

dalam hal ini adalah orang yang nantinya akan mengoperasikan aplikasi dan pelanggan sebagai objek yang dikenai pengoperasian system aplikasi.

2.2     Product Feature

Pada perancangan aplikasi kali ini terdapat beberapa feature yang kami libatkan di dalamnya untuk

membuat aplikasi  multifungsi dan mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh manusia atau human error.

2.2.1      

 

Login Form :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menu Utama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Riwayat Transaksi :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Stok Bahan :

 

 

 

 

 

 

 

 

2.3     User Classes and Characteristics

Pengguna : Kasir

 

Karakteristik :

  • Pengguna Familiar dengan penggunaan computer.
  • Pengguna dapat melakukan operasi matematika dasar agar dapat membandingkan hasil perhitungan aplikasi dan hasil perhitungannya.
  • Pengguna memahami kondisi barang di stok penyimpanan.

2.4     Operating Environment

Bagian utama dari proyek ini adalah aplikasi yang berbasis pc desktop yang dapat dijalankan di

operating system windows(XP, Vista, 7, 8, 10 dan lain-lain) dikarenakan berekstensi(.exe). Tidak terdapat batasan mengenai spesifikasi pc desktop yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan aplikasi ini dikarenakan aplikasi ini cukup ringan dari segi RAM yang akan digunakan. Dibutuhkan juga aplikasi pendukung lainnya untuk mengolah database stok  dan perlu diingat Hard-Disk yang tersedia haruslah berkapasitas cukup besar untuk menyiman data transaksi secara keseluruhan.

2.5     Design and Implementation Constraints

Spesifikasi  utama dari perancangan aplikasi perangkat lunak ini adalah Tampilan yang dibuat

sesederhana mungkin namun tidak melupakan esensi estetik dikarenakan jangan sampai

kami membuat tampilan yang komplit namun tidak friendly dengan user, maka hal tersebut bukannya membantu malah menimbulkan ketidaknyamanan.

2.6     User Documentation

Untuk bisa memahami dan mengoperasikan aplikasi ini bagi yang belum tau  atau kurang paham bagaimana mengoperasikan aplikasi tersebut. kami membuat dokumentasi tutorial tentang bagaimana menggunakan aplikasi ini. Tutorial sendiri berisi : Cara penginputan username dan

password, Menggunakan checkbox sebagai tanda bahwa barang tersebut masuk dalam transaksi,

memasukkan jumlah barang yang dibeli, menginputkan bayaran dan menampilkan hasil transaksi,

memeriksa hasil transaksi dalam sehari, mengecek serta mengedit database stok bahan persediaan.

2.7     Assumptions and Dependencies

Agar dicapai hasil terbaik dari penggunaan aplikasi ini kebergantungan terhadap user atau

orang yang mengoperasikan aplikasi juga sangat berpengaruh. Walaupun aplikasi ini dibuat untuk

memudahkan permasalahan manusia namun semua kembali dari manusianya lagi karena aplikasi ini

semata-mata hanya akan dapat beroperasi jika ada manusia yang mengoperasikannya. Dan kita tidak

perlu meragukan lagi akan adanya human error yang sudah semestinya terjadi, namun human error

yang mampu diperbaiki oleh aplikasi ini juga masih sangat terbatas. Maka dari itu dibutuhkan

pengertian dari pengguna dulu sebbelum menjalankan aplikasi ini.

 

 

 

 

3.     System Features

Pada perancangan aplikasi kali ini terdapat beberapa feature yang kami libatkan di dalamnya untuk

membuat aplikasi in multifungsi dan mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh manusia atau human error. Bila dibagi dalam kategori menurut kepentingan atau yang paling diutamakan kami membagi nya menjadi dua bagian yaitu core feature dan additional feature. Dimana Core Feature adalah bagian utama dari rancangan aplikasi yaitu menghitung besarnya biaya yang harus dibayar oleh pelanggan dan mencetaknya dan additional feature adalah tambahan dari bagian utama dari rancangan aplikasi yang tentunya tidak terlepas jauh dari Core Feature. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat sperti berikut

3.1     USER REGISTRASI DAN LOGIN FORM

Ketika aplikasi diinstal dan dijalankan untuk pertama kalinya, pengguna disajikan dengan

pendaftaran / welcome screen awal untuk pegawai kasir. Layar ini akan meminta pengguna

untuk membuat account di database agar dapat di ketahui disistem bahwa siapa yang melakukan sebuah transaksi. Pengguna juga memasukkan "Display Name", yang akan menjadi nama yang akan ditampilkan sebagai pegangan mereka dalam Tanggung jawab transaksi.

 

3.2     USER- TO – MEMBER TRANSACTIONS

Fitur ini merupakan transaksi antara pengguna dan pembeli. Skenario umum akan melibatkan pengguna dan pembeli melakukan sebuah transaksi, Perubahan yang mengakibatkan saldo pemasukan dan pengeluaran dihitung secara otomatis dan ditampilkan untuk pengguna yang terlibat.

3.3     TRANSACTIONS

Fitur ini merupakan perhitungan dan pencatatan transaksi yang di lakukan oleh pengguna untuk

pelanggan. Dimana akan mencatat apa yang di beli oleh pelanggan dan jumlah yang harus di bayar.

 

3.4     GROUPHISTORY

Layar ini memberikan pandangan dari seluruh transaksi dan tagihan yang terjadi dalam suatu traksaksi pembelian. Daftar ini akan disajikan secara kronologis secara default, tetapi juga dapat diurutkan berdasarkan pembayar, jumlah, dll akan menampilkan nama-nama pelanggan yang terlibat dalam setiap transaksi, nama pengguna ,dan jumlah yang dibayar / diterima, dan pengguna(pegawai kasir) memiliki pilihan untuk melihat masing-masing Item secara lebih rinci dengan memilih. Pandangan rinci akan menampilkan semua pelanggan yang terlibat dalam transaksi pembelian.itu, dan informasi tambahan yang disertakan ketika diciptakan (Lokasi, Type, dll).

 

 

4.     External Interface Requirements

4.1     User Interface

4.1.1      Tampilan Login

 

 

 

 

 

 

 

 

Login pada menu awal berguna untuk masuk kesistem sebagai kasir dan dapat melihat histori pembayaran. Stock barang pada menu awal berguna untuk melihat ketersediaan stock barangdan dapat pula menginportnya.

    

·         Tampilan User login memiliki 2 text-box untuk memasukkan usernam dan password

·         Tombol login pada menu user login digunakan untuk memverifikasi username dan password yang telah di masukkan.

 

 

4.1.2      Menu Utama

 

 

 

 

 

·         Pada menu user dapat memilih untuk masuk ke menu master atau transaksi

 

 

 

4.1.3      Tampilan Stok Barang

 

 

·         Pada menu ini pengguna dapat melihat ketersediaan barang.

4.1.5 Tampilan Histori Pembayaran

 

 

 

 

 

·         Tampilan  pembayaran terdiri dari kode, nama, harga, dan stok dan Pembayaran dan terdapat beberapa button yang digunakan untuk melakukan perintah, seperti cari untuk mencari barang yang ingin di beli dalam pembayaran, simpan untuk menyimpan Pembayaran ke detail Penjualan,

·         update untuk merubah barang yang sudah dimasukkan

 

4.2 Hardware Interface

Program  Aplikasi  Kasir  Bangunan Makmur  adalah  aplikasi  yang  bekerja  pada  perangkat komputeatau  laptop  yang  bekerja  pada  sistem  operasi  Windows,  layaknya aplikasi pada umumnya aplikasi ini berbrntuk file executable yang beformat .exe yang dapat langsung di instalkan pada pernagkat komputer atau laptop.

 

 

4.3 Software Interface

Software ini dikembangkan diatas pemrograman Visual basic.

Item Input dan Output

Input pada aplikasi ini adalah Bahan untuk stock bahan, dan menu-menu yang akan di pesan pada menu Input pembayaran.

Output pada aplikasi ini berupa nota semua list pembayaran

 

 

 

4.4 Communication Interface

Program   Aplikas Kasi Bangunan Makmur   adala aplikasi   Stand   Alone   yan tidak menggunakan jaringan untuk menjalankannya jadi aplikasi ini dapat dijalankan di semua komputer atau laptop tanpa menyambungkannya dengan jaringan internet.

 

 

 

 

5. Other Nonfunctional Requirment

 

5.1 PERFORMANCE REQUIREMENTS

 

Kinerj seharusny tida menjad masalah   dikarenakan   softwar yang   dibua hanya membutuhkan kinerja yang sedikit dari sebuah komputer ataupun laptop. Pergantian layar akan sangat cepat, dan perhitungan menu makanan hanya akan memerlukan komputasi yang sangat ringan dan akan cepat. Algoritma yang digunakan sangat efisien dan hanya membutuhkan waktu sepersekian detik untuk melakukan aksi perhitungan.

 

5.2 SAFETY REQUIREMENT

 

Aplikasi ini sangatlah aman dikarenakan untuk membuka penginputan data pembelian dan juga riwayat data perbelanjaan diperlukan username dan juga password, yang hanya diketahui oleh masing-masing petugas kasir. Keselamatan dan keamanan data juga dimaksimalkan dengan adanya database yang digunakan pada aplikasi ini, sehingga petugas kasir tidak perlu takut data-datanya akan hilang karena database disimpan pada komputer petugas kasir. Satu-satunya hal yang dapat dilihat semua orang adalah stok barang yang ada pada gudang.

 

5.3 SECURITY REQUIREMENTS

 

 

Aplikasi ini mengasumsikan bahwa hanya pengguna atau siapa pun yang memiliki username dan password yang bisa masuk ke dalam sistem. Dengan itu dikatakan, hanya username dan password diperlukan untuk memverifikasi identitas pengguna saat membuka aplikasi. Setiap transaksi yang ada harus disahkan dan dikonfirmasi oleh petugas kasir sebelum difinalisasi agar data pembelian dapat di cek kembali dan dapat dikonfirmasi.

 

5.4 SOFTWARE QUALITY ATTRIBUTES

 

Grafis antarmuka pengguna dariaplikasi ini harus dirancang dengan kegunaan dan kemudahan sebagai prioritas pertama. Aplikasi ini akan disajikan dan diatur dalam cara yang menarik secara visual dan mudah bagi pengguna untuk menavigasi. Tataletak tombol dalam aplikasi yang sangat memudahkan pengguna baru untuk menggunakannya. Akan ada masukan dan isyarat visual seperti pemberitahuan dan informasi instruksi-instruksi yang memudahkan pengguna.  Petugas kasir juga memiliki hak akses untuk menambah daftar stok barang dan juga menu baru dalam aplikasi ini untuk fleksibilitas dan evolusi software kedepannya. Dengan aplikasi ini, pemilik rumah makan akan sangat dimudahkan   dalam  hal  perhitungan  keuntungan  yang  ada   dalam  riwayat  penjualan.  Secara keseluruhan, aplikasi ini baik dalam hal kemudahan penggunaan dan kemudahan belajar pengguna. Aplikasi ini mengefisienkan waktu perhitungan yang biasanya mengambil waktu yang lama dalam inventaris stok barang dan juga hasil penjualan menu makanan.


6. Other Requirements

 

Database untuk Program Aplikasi Kasir Bangunan Makmur berfungsi untuk menyimpan informasi dari pengguna, transaksi, pembayaran, serta hubungan yang akan terlibat dalam proses jual/beli barang. Database yang digunakan yaitu Microssoft Acces. Berikut ini merupakan contoh informasi yang dapat disimpan dalam Database :

 

Admin : ID, Password, Nama, Alamat.

 

Pelanggan : barang pembelian, Nomer transaksi, jumlah pembelian

 

Transaksi : ID admin, Tanggal, Waktu, Jumlah, Harga total

 

Proseyang dilakukan  dalam database  adalah  mencatat  semua  hasipenjualan  yang dimana catatan  ini  akan  dijadikan  sebagai  data  bahwa  stok  barang  masih  tersedia  atau  tidak.  Sehingga produsen tidak kekurangan bahan nantinya.

 

 

 

Appendix A : Glossary

 

Login

 

Login dalam Program Aplikasi Kasir Bangunan Makmur adalah ijin masuk untuk petugas yang bertugas.

 

 

User

 

User biasa juga disebut dengan pengguna.

 

 

Admin

 

Admin dalam Program Aplikasi Kasir Bangunan Makmur adalah orang yang menjadi petugas/pelayanan dalam melakukan transaksi pembayaran.

 

 

Password

 

Password adalah kata sandi yang dimiliki oleh oleh perangkat lunak yang terenkripsi.

 

 

Transaction Number

 

Nomer Transaksi berfungsi untuk mencatat no transaksi

 

 

 

Group History

 

Kumpulan kejadian penjualan barang serta harga masing-masing dari pembelian barang, serta harga total dari pembelian barang yang dilakukan oleh pembeli.

 

 

User Interface (UI)

 

UI adalah sebuah tampilan utama yang berhubungan langsung dengan pengguna.

 

 

Hardware

 

Perangkat keras yang secara fisik dapat dilihat dan dipakai oleh pengguna.

 

 

Software

 

Perangkat lunak yang bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer.

Appendix B: Analysis Models

Use Case Diagram

Sequence Diagram

Activity Diagram


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 πŸ…΅πŸ†πŸ…΄πŸ…΄ πŸ…°πŸ†πŸ†ƒπŸ…ΈπŸ…²πŸ…»πŸ…΄ - Oreshura - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -