- Back to Home »
- Tugas Kelompok RPL
Anggota kelompok :
Muhammad Aqil Alhafizh - 20312088 (Ketua)
Muhammad Rizki Yoga P - 20312050
Aldo Febrian - 20312054
Aji Pamungkas - 20312053
Bagus Sifak Udin R - 20311076
Tugas bisa di lihat serta di download di bawah ini :
1. Introduction
1.1 Purpose
Tujuan dari dokumen Software Requirements Specification
(SRS) ini adalah untuk menyediakan deskripsi rinci dari Program Aplikasi Kasir
Toko Bangunan Makmur. Dokumen SRS ini akan membahas tentang fitur-fitur dari
Program Aplikasi Kasir Toko Bangunan Makmur, termasuk antarmuka dari software
ini. Dokumen ini juga akan membahas perangkat lunak dan berbagai macam
kebutuhan teknis lainnya.
1.2 Document Conventions
Dokumen SRS ini memiliki fitur
istilah-istilah yang mungkin jarang ditemukan oleh pembaca. Pembaca dapat
melihatnya di Appendix A (Glossary) untuk daftar dari istilah-istilah dan
defenisinya masing-masing.
1.3 Intended Audience and Reading Suggestions
Dokumen ini
ditujukan untuk semua individu yang berpartisipasi dalam Program Aplikasi Kasir Toko Bangunan Makmur.
Gambaran singkat dari produk ini dapat dibaca di bagian Introduction dan juga
Bagian 2 yaitu Overall Description.
Bagian 3 (System
Features), menjelaskan mengenai
informasi yang tercantum dalam gambaran umum projek. Bagian 4 (External
Interface Requirements) menjelaskan detail teknis yang lebih dalam, termasuk
informasi mengenai antarmuka termasuk hardware dan platform
software tempat
aplikasi akan berjalan.
Bagian 5 (Other
Nonfunctional Requirement) menjelaskan mengenai performa, keamanan dan
berbagai macam
atribut lainnya yang penting untuk user. Dan bagian 6 (Other Requirements) memuat
informasi tambahan lainnya yang tidak muat secara logis pada bagian lain dari
SRS.
1.4 Product Scope
Software kasir
toko bangunan makmur ini dapat melakukan perhitungan terhadap transaksi yang
terjadi, dapat menghitung ketersediaan stok termasuk manajemen. Sistem ini
didesain untuk memaksimalkan
perhitungan pemasukan yang
diperoleh dari transaksi yang terjadi dengan menyediakan alat untuk membantu
untuk melakukan proses perhitungan secara otomatis.
Memaksimalkan
perhitungan transaksi sangat membantu
pemilik toko.serta sistem ini mudah untuk dimengerti dan
digunakan. Sistem ini didesain agar memudahkan user untuk melacak setiap transaksi yang terjadi sehingga kerugian dapat dikurangi. Selain itu sistem
ini juga menyediakan perhitungan terhadap stok barang, sehingga
menyediakan antisipasi dini terhadap stok yang hampir habis.
1.5 References
Bahan referensi
yang digunakan dalam penyelesaian dokumen ini diambil dari beberapa buku
seperti :
- Software Engineering: A Practitioner's
Approach, 7th International edition, Roger Pressman,2009.
- IEEE. IEEE Std 830-1998 IEEE Recommended
Practice for Software Requirements Specifications.
IEEE Computer Society, 1998.
2. Overall Description
2.1
Product
Perspective
Dokumen ini
berisi deskripsi spesifikasi persyaratan perangkat lunak dari system yang akan
dibuat nantinya.Sistem Informasi kasir ini merupakan perangkat lunak yang
digunakan untuk mempermudah proses penghitungan pembayaran
biaya yang harus pelanggan bayar. Dengan adanya system ini diharapkan akan membantu dan memberikan kemudahan dalam
pengolahan data dan perhitungan pembayaran pelanggan. Namun tidak hanya itu,
perangkat lunak ini juga memiliki fungsi untuk mengatur harga-harga menu yang
tersedia(adaptable) dikarenakan harga material yang dapat berubah-ubah sehingga
tidak akan menyusahkan pengguna jika kenaikan harga tersebut berubah-ubah.
Rancangan perangkat lunak ini juga dapat mengamati stok ketersediaan barang
yang ada. Sehingga pengguna tidak akan kewalahan ketika
stok barang mulai menipis dikarenakan telah disiapkan jauh-jauh hari.
Bila melihat dari
sisi aktor yang terlibat, hanya terdapat dua actor aktif yaitu user/pengguna
dimana
dalam hal ini
adalah orang yang nantinya akan mengoperasikan aplikasi dan pelanggan sebagai
objek yang dikenai pengoperasian system aplikasi.
2.2
Product
Feature
Pada perancangan
aplikasi kali ini terdapat beberapa feature yang kami libatkan di dalamnya
untuk
membuat
aplikasi multifungsi dan mengurangi
kesalahan yang dilakukan oleh manusia atau human error.
2.2.1
Login Form :
Menu Utama
Riwayat
Transaksi :
Stok Bahan
:
2.3 User Classes and Characteristics
Pengguna : Kasir
Karakteristik :
- Pengguna Familiar dengan penggunaan computer.
- Pengguna dapat melakukan operasi matematika
dasar agar dapat membandingkan hasil perhitungan
aplikasi dan hasil perhitungannya.
- Pengguna memahami kondisi barang di stok
penyimpanan.
2.4 Operating Environment
Bagian utama dari
proyek ini adalah aplikasi yang berbasis pc desktop yang dapat dijalankan di
operating system
windows(XP, Vista, 7, 8, 10 dan lain-lain) dikarenakan berekstensi(.exe). Tidak
terdapat batasan mengenai spesifikasi pc desktop yang dibutuhkan untuk dapat
menjalankan aplikasi ini dikarenakan aplikasi ini cukup ringan dari segi RAM
yang akan digunakan. Dibutuhkan juga aplikasi pendukung lainnya untuk mengolah
database stok dan perlu diingat Hard-Disk
yang tersedia haruslah berkapasitas cukup besar untuk menyiman data transaksi
secara keseluruhan.
2.5 Design and Implementation Constraints
Spesifikasi utama dari perancangan aplikasi perangkat
lunak ini adalah Tampilan yang dibuat
sesederhana
mungkin namun tidak melupakan esensi estetik dikarenakan jangan sampai
kami membuat
tampilan yang komplit namun tidak friendly dengan user, maka hal tersebut
bukannya membantu malah menimbulkan ketidaknyamanan.
2.6 User Documentation
Untuk bisa
memahami dan mengoperasikan aplikasi ini bagi yang belum tau atau kurang paham bagaimana mengoperasikan
aplikasi tersebut. kami membuat dokumentasi tutorial tentang bagaimana
menggunakan aplikasi ini. Tutorial sendiri berisi : Cara penginputan username
dan
password,
Menggunakan checkbox sebagai tanda bahwa barang tersebut masuk dalam transaksi,
memasukkan jumlah
barang yang dibeli, menginputkan bayaran dan menampilkan hasil transaksi,
memeriksa hasil
transaksi dalam sehari, mengecek serta mengedit database stok bahan persediaan.
2.7 Assumptions and Dependencies
Agar dicapai hasil terbaik dari
penggunaan aplikasi ini kebergantungan terhadap user atau
orang yang mengoperasikan aplikasi juga
sangat berpengaruh. Walaupun aplikasi ini dibuat untuk
memudahkan permasalahan manusia namun
semua kembali dari manusianya lagi karena aplikasi ini
semata-mata hanya akan dapat beroperasi
jika ada manusia yang mengoperasikannya. Dan kita tidak
perlu meragukan lagi akan adanya human
error yang sudah semestinya terjadi, namun human error
yang mampu diperbaiki oleh aplikasi ini
juga masih sangat terbatas. Maka dari itu dibutuhkan
pengertian dari pengguna dulu sebbelum
menjalankan aplikasi ini.
3. System Features
Pada perancangan
aplikasi kali ini terdapat beberapa feature yang kami libatkan di dalamnya
untuk
membuat aplikasi
in multifungsi dan mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh manusia atau human
error. Bila dibagi dalam kategori menurut kepentingan atau yang paling
diutamakan kami membagi nya menjadi dua bagian yaitu core feature dan
additional feature. Dimana Core Feature adalah bagian utama dari rancangan
aplikasi yaitu menghitung besarnya biaya yang harus dibayar oleh pelanggan dan
mencetaknya dan additional feature adalah tambahan dari bagian utama dari
rancangan aplikasi yang tentunya tidak terlepas jauh dari Core Feature. Untuk
lebih jelasnya dapat dilihat sperti berikut
3.1 USER REGISTRASI DAN LOGIN
FORM
Ketika aplikasi
diinstal dan dijalankan untuk pertama kalinya, pengguna disajikan dengan
pendaftaran /
welcome screen awal untuk pegawai kasir. Layar ini akan meminta pengguna
untuk membuat
account di database agar dapat di ketahui disistem bahwa siapa yang melakukan
sebuah transaksi. Pengguna juga memasukkan "Display Name", yang akan menjadi
nama yang akan ditampilkan sebagai pegangan mereka dalam Tanggung jawab transaksi.
3.2 USER- TO – MEMBER
TRANSACTIONS
Fitur ini
merupakan transaksi antara pengguna dan pembeli. Skenario umum akan melibatkan
pengguna dan pembeli melakukan sebuah transaksi, Perubahan yang mengakibatkan
saldo pemasukan dan pengeluaran dihitung secara otomatis dan ditampilkan untuk
pengguna yang terlibat.
3.3 TRANSACTIONS
Fitur ini merupakan perhitungan dan
pencatatan transaksi yang di lakukan oleh pengguna untuk
pelanggan. Dimana akan mencatat apa
yang di beli oleh pelanggan dan jumlah yang harus di bayar.
3.4
GROUPHISTORY
Layar ini
memberikan pandangan dari seluruh transaksi dan tagihan yang terjadi dalam
suatu traksaksi pembelian. Daftar ini akan disajikan secara kronologis secara
default, tetapi juga dapat diurutkan berdasarkan pembayar, jumlah, dll akan
menampilkan nama-nama pelanggan yang terlibat dalam setiap transaksi, nama
pengguna ,dan jumlah yang dibayar / diterima, dan pengguna(pegawai kasir)
memiliki pilihan untuk melihat masing-masing Item secara lebih rinci dengan
memilih. Pandangan rinci akan menampilkan semua pelanggan yang terlibat dalam
transaksi pembelian.itu, dan informasi tambahan yang disertakan ketika
diciptakan (Lokasi, Type, dll).
4.
External Interface
Requirements
4.1
User Interface
4.1.1 Tampilan Login
Login pada menu awal berguna untuk masuk kesistem sebagai kasir
dan dapat melihat histori pembayaran. Stock barang pada menu awal berguna untuk
melihat ketersediaan stock barangdan dapat pula menginportnya.
·
Tampilan User login memiliki 2 text-box untuk
memasukkan usernam dan password
·
Tombol login pada menu user login digunakan
untuk memverifikasi username dan password yang telah di masukkan.
4.1.2 Menu Utama
·
Pada menu user dapat memilih untuk masuk ke menu
master atau transaksi
4.1.3 Tampilan Stok Barang
·
Pada menu ini pengguna dapat melihat
ketersediaan barang.
4.1.5 Tampilan Histori Pembayaran
·
Tampilan
pembayaran terdiri dari kode, nama, harga, dan stok dan Pembayaran dan
terdapat beberapa button yang digunakan untuk melakukan perintah, seperti cari
untuk mencari barang yang ingin di beli dalam pembayaran, simpan untuk
menyimpan Pembayaran ke detail Penjualan,
·
update untuk merubah barang yang sudah
dimasukkan
4.2
Hardware Interface
Program Aplikasi Kasir
Bangunan
Makmur adalah
aplikasi yang
bekerja pada perangkat komputer atau laptop yang bekerja
pada sistem operasi Windows,
layaknya
aplikasi pada umumnya aplikasi ini berbrntuk file executable yang beformat .exe yang dapat
langsung di
instalkan pada pernagkat komputer atau laptop.
4.3
Software Interface
Software ini dikembangkan diatas
pemrograman Visual
basic.
Item Input
dan Output
Input pada aplikasi
ini adalah Bahan untuk stock bahan, dan menu-menu yang
akan
di pesan pada menu Input
pembayaran.
Output pada aplikasi ini
berupa nota semua list pembayaran
4.4
Communication Interface
Program Aplikasi Kasir Bangunan Makmur adalah aplikasi Stand Alone
yang tidak menggunakan jaringan untuk menjalankannya jadi aplikasi ini dapat dijalankan di semua
komputer atau laptop tanpa menyambungkannya dengan jaringan internet.
5. Other Nonfunctional Requirment
5.1
PERFORMANCE REQUIREMENTS
Kinerja seharusnya tidak menjadi masalah
dikarenakan software yang
dibuat hanya membutuhkan kinerja yang sedikit dari sebuah komputer ataupun laptop. Pergantian layar akan sangat cepat, dan perhitungan menu makanan hanya akan memerlukan komputasi yang sangat ringan dan akan cepat. Algoritma yang digunakan sangat efisien dan hanya membutuhkan waktu sepersekian detik untuk melakukan aksi perhitungan.
5.2
SAFETY
REQUIREMENT
Aplikasi ini sangatlah aman dikarenakan untuk membuka penginputan data pembelian dan juga riwayat data perbelanjaan
diperlukan username dan juga password, yang hanya diketahui oleh masing-masing
petugas kasir. Keselamatan dan keamanan data juga dimaksimalkan dengan adanya
database yang
digunakan pada aplikasi ini, sehingga petugas kasir tidak perlu takut data-datanya
akan hilang karena database disimpan pada komputer petugas kasir. Satu-satunya hal
yang dapat dilihat semua orang adalah stok barang yang ada pada gudang.
5.3
SECURITY
REQUIREMENTS
Aplikasi ini mengasumsikan bahwa hanya pengguna
atau siapa pun
yang memiliki username dan password yang
bisa masuk ke dalam sistem. Dengan itu
dikatakan, hanya username
dan password diperlukan
untuk memverifikasi identitas pengguna
saat membuka aplikasi. Setiap
transaksi yang ada harus disahkan dan dikonfirmasi oleh petugas kasir sebelum difinalisasi agar data pembelian dapat di cek kembali dan dapat dikonfirmasi.
5.4
SOFTWARE QUALITY ATTRIBUTES
Grafis antarmuka pengguna dariaplikasi ini harus dirancang dengan kegunaan dan
kemudahan sebagai prioritas pertama. Aplikasi ini akan disajikan dan diatur dalam cara yang menarik secara
visual dan mudah bagi pengguna untuk
menavigasi. Tataletak tombol dalam
aplikasi yang sangat memudahkan pengguna baru untuk
menggunakannya. Akan ada masukan dan isyarat visual seperti
pemberitahuan dan informasi instruksi-instruksi yang memudahkan pengguna. Petugas kasir juga
memiliki hak akses untuk menambah daftar stok barang dan juga menu baru dalam aplikasi ini untuk
fleksibilitas
dan evolusi software
kedepannya. Dengan aplikasi ini, pemilik
rumah
makan akan sangat
dimudahkan
dalam hal perhitungan
keuntungan yang
ada dalam riwayat
penjualan.
Secara
keseluruhan, aplikasi ini baik dalam
hal kemudahan
penggunaan dan kemudahan belajar pengguna. Aplikasi ini
mengefisienkan waktu perhitungan yang
biasanya mengambil waktu yang
lama dalam
inventaris stok barang dan juga hasil penjualan menu makanan.
6. Other Requirements
Database untuk Program Aplikasi Kasir Bangunan
Makmur berfungsi untuk menyimpan informasi dari pengguna, transaksi, pembayaran, serta hubungan yang akan terlibat dalam proses jual/beli barang.
Database yang digunakan yaitu
Microssoft Acces.
Berikut ini merupakan
contoh
informasi yang dapat disimpan dalam Database :
Admin
: ID, Password,
Nama, Alamat.
Pelanggan : barang pembelian,
Nomer transaksi, jumlah
pembelian
Transaksi : ID admin,
Tanggal, Waktu, Jumlah, Harga
total
Proses yang dilakukan dalam database
adalah mencatat semua hasil penjualan
yang dimana catatan
ini
akan dijadikan sebagai
data
bahwa
stok barang
masih
tersedia
atau tidak.
Sehingga
produsen tidak kekurangan bahan nantinya.
Appendix A :
Glossary
Login
Login dalam Program Aplikasi Kasir Bangunan Makmur adalah ijin masuk untuk petugas yang bertugas.
User
User biasa juga disebut dengan pengguna.
Admin
Admin dalam Program Aplikasi Kasir Bangunan Makmur adalah orang yang menjadi petugas/pelayanan dalam melakukan
transaksi pembayaran.
Password
Password adalah kata sandi yang dimiliki oleh oleh perangkat lunak yang terenkripsi.
Transaction Number
Nomer Transaksi berfungsi untuk mencatat no transaksi
Group
History
Kumpulan kejadian penjualan barang serta harga masing-masing dari pembelian barang, serta harga total dari pembelian barang yang dilakukan oleh pembeli.
User Interface (UI)
UI
adalah sebuah tampilan utama yang berhubungan langsung dengan pengguna.
Hardware
Perangkat keras yang secara
fisik dapat dilihat dan
dipakai oleh
pengguna.
Software
Perangkat lunak yang
bisa
dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat
secara fisik,
tetapi terdapat dalam sebuah
komputer.
Use
Case Diagram
Sequence
Diagram
Activity
Diagram